Posted by : shsksjdnd Sabtu, 06 September 2014


SPEKTA 2014: REACH YOUR DREAMS, GET  SUCCESS, LET’S CHANGE TOGETHER





Gue baru beres ospek mahasiswa, dan sekarang gue udah resmi jadi mahasiswa STIE Ekuitas, Bandung *BANGGA*
Dan hari ini gue mau berbagi cerita tentang bagaimana rasanya ospek di Ekuitas selama 4 hari, dari pertama pembekalan (1 September 2014) sampai hari terakhir (4 september 2014). Gue nulis ini langsung waktu nyampe kost-an  saat pulang dihari terakhir (4 september 2014,21:30)



Hari pertama: Pembekalan – 01 September 2014.

Gue dateng ke kampus pukul 07:00 sesuai jadwal, gue kira jam segitu masih sedikit yang dateng, tapi ternyata udah banyak banget yang dateng, bisa dikatakan gue termasuk yang terakhir. Sial emang karena gue selalu pengen yang paling pagi biar bisa duduk paling depan, tapi gaapa-apa lah, oke skip. Ketika masuk, kita udah disambut sama yang namanya BIN (Badan Intelegent Negara), kalo waktu MOS SMA gue dulu namanya PD, lupa singkatannya wkeke, yang pasti bukan Perisai Diri. Lebih simplenya BIN itu orang yang sering teriak-teriak, marah-marah, dsb. Wkeke maaf kang, teh.

Setelah itu kita dikasih tau di kelompok mana kita nanti, nama kelompoknya pake “KEDUBES” atau Kedutaan Besar, dan gue masuk Kedubes yang pertama yaitu SINGAPURA!
Ketika gue masuk ruangannya, bener banget itu udah penuuuuuhhh. Setelah mencari-cari akhirnya gue ketemu dengan Kedubes Singapura. Acara dihari pembekalan ini seperti latihan buat sidang senat besoknya, dan yang pasti tugas-tugas buat besok, dan tugas-tugas buat hari pertama ospek memang selalu banyak dan melelahkan. Dari mulai rambut harus dicukur 2cm, buat atribut semacam taxedow, tas, kursi panas yang didalemnya ditempelin uang 20.000 :v dan juga makanan dan minuman yang harus kita cari berdasarkan clue yang dikasih. Hari pembekalan beres dengan cukup melelahkan dengan segala atribut yang harus dibuat sampai gue baru selesai bikin semua itu jam 12 malem.



Hari pertama Spekta 2014 (02 September 2014)

Hari ini gue terbangun karena SMS dari teteh dubes, gue liat jam ternyata masih jam 3 pagi, alhasil gue lanjutin tidur gue sebentar, dan pasang alarm jam 4 pagi. Alarm berbunyi dan gue mulai siap-siap berangkat ke kampus, untuk Spekta hari pertama. Barang-barang beres, gue pun berangkat pukul 4.50, karena dari jadwal yang dikasih kita harus ada dikampus maksimal pukul 5.30 pagi.

Btw, di ospek ini kita dilarang membawa alat komunikasi apapun, kendaraan sendiri, dsb. Dan naik angkutan pun harus berhenti beberapa ratus meter dari lokasi kampus. Akhirnya gue dateng ke kampus dan entah itu jam berapa, yang pasti masih belum terlalu banyak orang, gue sukses datang awal-awal :p
Dan seperti biasa, ketika sampai kampus kita langsung disambut oleh akang-teteh BIN (Badan Intelegent Negara). Setelah periksa sana-sini, dan gue juga kena, ada satu kesalahan pada atribut taxedow gue, dimana pita yang harus digunakan berjumlah 3 buah, padahal gue juga pake 3 buah sih, cuma mungkin nggak keliatan sama teteh BIN-nya :p tapi gapapalah, oke skip. Kita masuk, dan nunggu-nunggu acara dimulai. Mulai banyak yang datang, dan akhirnya acara dimulai. Sidang senat SPEKTA, terus masuk akang-teteh BIN yang meriksa barang bawaan, dan semua acara hari pertama berjalan dengan mulus, semulus pa*ha member JKT*48 wkekeke :v Yang jelas sih, hari pertama Spekta ini luar biasa, seru, dan cape juga sih, ditambah dengan tugas-tugasnya untuk hari kedua yang walaupun sedikit namun cukup memakan waktu hingga baru beres jam 10 malem  :p



Hari kedua Spekta 2014 (03 September 2014)

Hari kedua, seperti biasa berangkat pukul 4.50 dan masih belum banyak orang sehingga gue bisa duduk lumayan depan. Hari kedua ini banyak banget acara yang seru. Dari diskusi profesi, dan tentang pentingnya ikut organisasi di kampus, semua dijelaskan. Ada juga pengembangan moral, dan ini seru. Ada juga parade etika kampus, dimana ditampilkan tentang cara berpakaian yang baik dan tidak baik untuk ke kampus, dan untuk UTS, yang jelas teteh-teteh modelnya cantik-cantik #ehhh :p.

Ada juga perkenalan tentang keluarga mahasiswa, dari mulai DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang merupakan organisasi tertinggi dengan fungsi: Pengawasan, Penganggaran, dan Legislatif.

Selanjutnya ada BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dan BEM ini merupakan suatu lembaga eksekutif. Dan BEM ini dibagi lagi menjadi beberapa kementrian, ada Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Pendidikan, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Sosial dan Kesejahteraan, Kementrian Komunikasi dan Informatika. Dan semua tugas-tugasnya dijelasin lengkap.

Selanjutnya ada HMM (Himpunan Mahasiswa Manajemen S1), HMM ini merupakan organisasi bagian dari keluarga mahasiswa STIE Ekuitas yang didirikan pada 26 Maret 2003, dan fungsi utama dari HMM ini sendiri ialah sebagai jembatan yang menghubungkan mahasiswa manajemen dengan pihak program studi (prodi) dan juga menjalin hubungan baik dengan seluruh keluarga mahasiswa. Dan HMM juga memiliki struktur organisasi dengan fungsinya masing-masing. Ada Chief Eksecutive Office, General Manager, Human Resources, Marketing and Public Relation, dan Research and Development. Dan saat perkenalan HMM ini, mereka ngasih 2 pin untuk 2 mahasiswa baru S1 Manajemen, 1 cewek dan 1 cowok, dan cowoknya adalah gue. Makasih akang-teteh HMM, nanti In Sya Allah saya ikut gabung jadi keluarga HMM, amin. HMM…. GAYA! KAYA! JAYA!

Selanjutnya ada HIMASI (Himpunan Mahasiswa Akutansi S1). HIMASI ini berdiri ada tanggal 14 April 2008 dan mempunyai tugas dan wewenang terhadap kesejahteraan mahasiswa program studi (prodi) Akutansi S1 dan juga membawa nama baik STIE Ekuitas. Mereka juga memiliki 6 Kompartemen dengan fungsinya masing-masing, diantaranya ada: Kompartemen Mentoring, Kompartemen Pendidikan, Kompartemen Inisiasi dan Pelepasan Sarjana, Kompartemen Seminar dan Bedah Buku, Kompartemen Kerjasama, dan Kompartemen PDD. HIMASI….!!!Bisa…Bisa...Pasti…Bisa…!!!

Selanjutnya ada HMA (Himpunan Mahasiswa Akutansi D3) yang didirikan pada tahun 2003, fungsinya sebagai wadah aspirasi mahasiswa program studi (prodi) Akutansi D3, yang kemudian disalurkan dan dikembangkan dengan tujuan untuk mendukung program pendidikan dalam upaya mencapai cita-cita dan tujuan organisasi yang salah satunya yaitu membawa nama baik STIE Ekuitas.  HMA memiliki 5 bidang, diantaranya: Bidang Pendidikan, Bidang Organisasi, Bidang Sosial dan Kesejahteraan, Bidang Dokuminfo, dan Bidang Humas dan Kerja Sama. HMA….., Bersama Kita Bangkit!!!

Selanjutnya ada HIMA KP (Himpunan Mahasiswa Keuangan dan Perbankan D3) yang didirikan pada tahun 2002, dan mempunyai tugas menampung, menyalurkan, dan mengembangkan aspirasi mahasiswa dalam lingkup jurusan keuangan dan perbankan pada khususnya dan STIE Ekuitas pada umumnya. HIMA KP juga memiliki beberapa Divisi, diantaranya: Division of Student Affair, Division Recruitment, Division of Education, Division of Mentoring, Division of Public Relation, dan Division of Marketing.
Saat itu juga diperkenalkan dan dijelaskan tentang susuan kepanitiaan Spekta 2014, dan setelah itu diakhir juga diadakan games antar kedutaan besar. Sayangnya sih kedubes Singapura kalah, tapi tak apa.

Hari kedua ini seru banget, walaupun capeknya juga pasti ada, tapi kerjasama antar anggota kedutaan besar mulai terjalin. Dan akhirnya Hari kedua Spekta selesai dengan luar biasa. Dan karena besok adalah hari terakhir, dan akan dilalui dengan panjang, maka tugas yang diberikan tidak terlalu memberatkan, sehingga jam 8 malem pun udah pada bisa istirahat :3



Hari ketiga Spekta 2014 (04 September 2014)

Hari terakhir, hari yang ditunggu, ditunggu bagaimana kita akan melalui ini semua, dan ditunggu juga kapan selesainya mungkin :v
Di hari terakhir ini kita memakai baju dan topi spekta yang sehari sebelumnya telah diberikan oleh panitia, warnanya pink, dan itu sangat jantan :3
Seperti biasa, gue berangkat jam 4.50 pagi, karena itu yang disuruh oleh para pengurus spekta, meskipun dalam jadwal bahwa acara dimulai jam 7 pagi, tapi untuk kenyamanan maka jam 5.30 semua harus berada di kampus. Hari terakhir ini adalah hari yang istimewa, hari yang beda, yang pasti hari terakhir ini penuh keseruan dan kejutan.

Diawali dengan bermain games Diplomatic Explore, jadi gamesnya per kedubes kita harus menyusuri jalan dari pos 1 ke pos berikutnya, dan di setiap pos itu ada gamesnya, lalu setiap perjalanan kita harus ngambil sampah2 yang berserakan disekitar lalu dimasukin ke polibag, jagalah kebersihan! :D pos terakhirnya di kampus dan setelah itu kita semua menuju ke bagian atas kampus dan disana telah ada akang-teteh dari BIN, ya kalian tau lah mereka ngapain, intinya sih ngajarin yang namanya disiplin. Setelah semua selesai, kita turun kebawah dan ketemu ke stand-stand UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau di SMA sih namanya ekstrakulikuler. Banyak banget UKM-nya, ada Basket, Bulutangkis, Futsal, Volly, ELCC, Band, Pers, dan lain sebagainya :v disana kita harus minta cap dari setiap UKM, dan untuk perkelompoknya harus nulisin visi dan misi dari setiap UKM, dan satu lagi kita harus ngisi formulir, UKM mana yang ingin kita masuki nantinya, dan sebenarnya waktu SMP gue pernah ikutan basket dan SMA ikutan Bulutangkis, tapi karena gue gapunya basic yang bagus dari itu semua, gue mutusin buat mencoba hal yang benar-benar baru, yaitu ELCC (Ekuitas Languange & Culture Center), jadi di UKM ELCC ini kita belajar tentang bahasa, dari bahasa Inggris, Korea, hingga Jepang. Gue bener-bener nol soal bahasa, bahasa Inggris cuma ngerti beberapa, korea apalagi, benar-benar nol :v dan Jepang tau dikit-dikit, itu juga karena gue kepo sama 48Family yang asalnya dari Jepang. Tapi ya semoga gue bisa diterima di UKM ini dan bisa ngambil banyak pelajaran dari UKM ini. Abis itu ada perform 2014 dari maba-maba yang mau tampil, ada yang stand up comedy, nari, nyanyi, cosplay. Dari kedubes SINGAPURA nampilin nari daari Cyntia :3

Yang paling seru dihari terakhir ini ada di malam hari. Joged-joged seru bareng para panitia. Satu kali, dua kali, dan saat pertengahan di kali ketiga tiba-tiba akang-teteh BIN masuk, ngagetin banget, semua langsung kocar-kacir balik ketempat masing-masing. Disana mereka (BIN) kembali mengajari kita tentang attitude yang baik, ya begitulah teriak-teriak, tegas, ada yang nangis juga teteh BIN-nya :’) ya itu dia, niat mereka baik banget. Setelah semua itu terjadi, sempat diusulin juga sama akang-teteh BIN kalo spekta harus diulang karena masih banyak yang melanggar peraturan HAHAHA, tapi akhirnya mereka bicara kalo kita semua telah resmi jadi anggota keluarga besar STIE Ekuitas! Yeah \m/

Setelah itu ada tayangan perkenalan dari anggota BIN (Badan Intelegent Negara) itu keren banget!!!! Dan dilanjut dengan video moment-moment dari Spekta 2014 dari mulai hari pembekalan sampai hari terakhir, dari mulai moment-moment yang seru sampai luar biasa, setelah sebelumnya ada pemberian award bagi maba-maba yang dipilih oleh para panitia. Yang pasti gue ga menang, wkekke :v

Di terakhirnya ada penampilan yang kocak banget, dari akang-akang, pokoknya itu kocak banget xD Setelah acara beres dan semua selesai. ACARA SPEKTA 2014 AKHIRNYA SELESAI. Perjalanan pulangnya so sweet banget, banyak lilin2 :’) dan saat diluar kita salaman bareng semua pengurus spekta 2014 dari dubes sampai BIN, meskipun masih ada yang gamau senyum :p , da semua itu  ditemani kembang api dari atas langit Ekuitas, aihhh so sweet.

SPEKTA 2014 ini ngasih banyak banget pelajaran buat gue, dan dengan moment-moment indahnya yang gabakal gue lupain. Dari mulai akang-teteh yang suka ngasih semangat pagi kepada kita saat kita agak lesu-lesu, mereka semangat banget, meskipun gue tau mereka pasti lebih capek dari kita. Kita istirahat jam 11-12 malam, mungkin mereka istirahat jam 2 atau 3 pagi, dan harus langsung bangun lagi sekitar jam 4 atau 5 pagi, dan mereka tetap semangat, ceria. Akang-teteh MC, akang-teteh duta besar, khususnya teh Mega dari dubes SINGAPURA yang tiap hari sms kita semua pukul 3 pagi. Semuanya, semua orang yang terlibat dalam SPEKTA 2014 ini, tidak terkecuali akang-teteh Badan Intelegent Negara yang ngajarin kita untuk mandiri, attitude, sopan santun, dsb. Pokoknya semua pelajaran yang kita dapat tidak akan kita lupakan, dan akan kita terapkan dikehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa Ekuitas. Moment-moment nyapa semangat pagi , joged Gummy Bear, dan joged-joged lainnya termasuk joged di hari puncak itu keren banget, izin kebelakang dengan gaya yang…. Menyenangkan (?) wkkeke, dan ketika solat naik-turun tangganya banyak banget, lumayan :D Abis selesai solat pas mau kembali keruangan disuruh nyanyi mars Ekuitas dulu sama akang-teteh BIN, dengan teriak-teriak sampai abis loh ini suara, serak banget sampai sekarang :v Dan yang pasti jargon Spekta 2014 yang gabakal gue lupain.. SPEKTA 2014…… REACH YOUR DREAMS, GET SUCCESS, LETS… CHANGE TOGETHER!! Dengan gerakannya juga tentu. Dan lagi, mars Ekuitas, tenang, gue gabakal lupa.

Dengan Semangat Membara
Tekad berjuang sekeras baja
Menuju cita-cita bangsa
Membangun negara

Penuh daya dam kreasi
Kembangkan ilmu dan teknologi
Mempertebal iman dan takwa
Mencetak insan berguna

STIE Ekuitas
Selalu unggul terdepan
Bagai gawang candradimuka
Bagi bangsa Indonesia

Kami, Mahasiswa Angkatan 2014, masih mempunyai banyak kesalahan, pelanggaran, kami akui itu. Karena setiap orang memiliki sifat yang berbeda, pribadi yang berbeda, kemampuan yang berbeda. 
Tuhan memang menciptakan kita sama, tapi kitalah yang merubah itu semua sehingga berbeda satu sama lain. Masih banyak kesalahan, masih banyak peraturan yang dilanggar, kami tau mungkin semua pengurus spekta terutama BIN sedikit kecewa dengan kita, tapi suatu saat nanti, ketika akang-teteh melihat kami, angkatan 2014, akang-teteh akan tersenyum bangga terhadap kami, sebagaimana layaknya kami bangga memiliki akang-teteh angkatan-angkatan sebelumnya dari STIE Ekuitas ini. Kami akan membuktikan untuk menjadi salahsatu yang terbaik diantara semua yang terbaik di STIE Ekuitas ini. 

Terimakasih banyak semuanya, terimakasih atas semua pelajaran yang telah kalian kasih kepada kami semua, kami tidak akan lupakan itu, kami akan terapkan itu semua di kehidupan, di kehidupan mahasiswa, di kehidupan bermasyarakat, di kehidupan bernegara, sehingga kami semua bisa menjadi Agent of Change buat negara ini :’) Buat akang-teteh nanti wisuda harus jadi yang terbaik, oke? Dan buat teman-teman semua angkatan 2014 mari kita buat akang-teteh angkatan sebelumnya bangga melihat penerus-penerusnya! STIE Ekuitas, Jadilah yang terbaik!

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. Ciyee maba! Samaan loh aku juga maba Poltekkes Surabaya :) Sukses terus ya bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee banget yah. Wih samaan kita ;) yooo, sukses juga yah :D

      Hapus

- Copyright © GAGA - Angga Budiawan - Oshimen Anggie Putri Kurniasari - Pacarnya Ratu Vienny Fitrilya -